11 September 2023

Kenapa Belanja Dari Rumah Menjadi Semakin Menyenangkan? 💕

Sebuah perubahan perilaku konsumsi zaman now

Introduction 👀

Hari yang tenang dengan langit mendung iringan suara gemericik hujan yang menenangkan disela oleh notifikasi ponselku yang berdering sembari mengeluarkan suara jingle “Tokopedia” 

Tanpa ragu, aku segera mengambil ponsel yang terletak di meja samping jendela. Ternyata notifikasi tersebut berisi promo istimewa untuk tanggal 9.9 dengan diskon besar-besaran yang berlaku tidak hanya pada aplikasi burung hijau itu saja.

Aku segera meringai melihat pesan promo yang bertuliskan beli satu gratis satu tidak perlu menunggu sewinduSetelah itu hanya tuhan dan tombol checkout yang menjadi saksi kekhilafan seorang remaja yang kini terduduk dan bertanya dalam hati.

Apakah cuma aku yang teracuni belanja online?

Belanja dari rumah memang semakin populer dari hari ke hari, terutama di era digital seperti sekarang. Fenomena ini tidak hanya terbatas pada generasi muda yang melek dengan teknologi. 

Namun juga merambah ke hampir semua kalangan yang merasa kesulitan untuk berbelanja lagi di toko konvensional karena memakan banyak tenaga dan waktu seperti yang kita alami.

Perkembangan Belanja Online 📊

Selayang Pandang

Kanal Belanja Kekinian

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Kredivo X Katadata, digunakan data dari jutaan transaksi yang melibatkan pengguna Kredivo di seluruh Indonesia. Data ini mencakup periode dari Januari hingga Desember 2022 dan melibatkan 34 provinsi serta enam platform e-commerce terkemuka.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa peningkatan jumlah transaksi terus terjadi di berbagai kota, dengan peningkatan tertinggi tercatat di kota-kota besar. 

Selain itu, terdapat fakta menarik dalam demografi pengguna Kredivo dimana kelompok usia orangtua dan lansia menjadi kelompok umur dengan pertumbuhan paling tinggi di tahun 2022.

0 %

Berasal Dari Kelompok Usia 36-55 Tahun

Rp 0 Triliun

Besar Transaksi e-commerce 2022

Jika kita refleksi bersama, peningkatan pesat dalam transaksi belanja online di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, adalah hasil dari perubahan perilaku konsumen yang semakin mengadopsi e-commerce sebagai cara utama untuk berbelanja. 

Caraku Berbelanja

Sejujurnya, aku bukanlah orang yang gemar berbelanja. Bukan karena pelit atau kikir, tetapi lebih karena aku memegang prinsip gaya hidup frugal, di mana aku hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan saja.

Dalam berbelanja aku selalu mempertimbangkan nilai tambah dari barang yang kubeli. Singkatnya manfaat dari setiap barang yang kubeli harus lebih tinggi nilainya daripada biaya yang harus dikeluarkan.

Hasilnya aku sangat kompetitif dalam menyeleksi harga barang yang akan dibeli dan tidak pernah ragu untuk membeli barang tangan kedua alias seken apabila memang masih sebagus itu.

Sebelum adanya e-commerce yang sebesar sekarang, dulu dalam menentukan untuk membeli sepatu saja aku mungkin bisa berkeliling lebih dari 3 toko hanya untuk mencari harga sepatu dengan model paling bagus sekaligus termurah.

Merasakan kepuasan dalam mencari produk berkualitas dengan harga termurah adalah sebuah kenikmatan tersendiri bagiku, atau mungkin semua orang ya? hehehe

Tapi ada hal penting yang sering dilupakan oleh kita ketika berbelanja bahwa tidak selamanya kita bisa mencari barang berkualitas dengan harga yang murah. Belum lagi mempertimbangkan uang ongkos yang harus dikeluarkan, panas terik matahari, dan waktu kita yang terbatas dengan aktivitas lainya.

Namun semua itu berubah semenjak banyaknya e-commerce dan toko online menyerang 🔥 berikut adalah berbagai alasan mengapa belanja online dari rumah menjadi lebih populer.

Keuntungan Belanja Online

Kemudahan Akses

Platform e-commerce dapat diakses dari mana saja, kapan saja gadget manapun tanpa harus meninggalkan kenyamanan kasur dan selimut di rumah sendiri. 

Banjir Promosi & Diskon

Diskon, promo, atau penawaran khusus seringkali membuat barang di toko online atau e-commerce menjadi jauh lebih murah dibandingkan belanja ke toko konvensional.

Pilihan Beragam

Kita bisa menikmati beragam produk yang ditawarkan oleh penjual dari seluruh tanah air seperti membeli sepatu kulit Garut tanpa harus pergi ke Garut.

Bebas Waktu Tunggu

Lupakan lelah berkendara mencari toko yang menjual barang yang kamu ingin beli dan lupakan berdiri mematung di meja kasir dengan antrian panjang cukup checkout dan tunggu barang sampai.

Pengalaman Belanja Agak Horor👻

Tentunya dengan kita memilih untuk berbelanja dari rumah dan tidak pergi secara langsung ke toko juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya yang paling HOROR adalah memastikan produk atau barang yang kita beli bisa sampai rumah dengan aman.

Sejauh ini aku sudah puluhan kali berbelanja barang dan tidak pernah mengalami kendala dengan parcel atau jasa pengiriman. Entah itu JNE, JNT, SiCepat, Pos Indonesia, AnterAja, Shoppe Express, hampir semua ekspedisi sudah mengenal rumahku dan berhasil mengantarkan paketnya dengan aman.

Namun entah mengapa sekalinya aku memberanikan diri untuk membeli sebuah laptop dengan harga yang tidak murah (worth it)Paket tersebut justru mengalami keterlambatan lebih dari tiga hari dari waktu estimasi barang sampai. Entah siapa yang salah ku tak tauu~

Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, laptop yang tidak segera sampai ini ketika dicoba untuk dicek keberadaanya melalui nomor resi, sialnya website JNT di waktu itu sedang melakukan perubahaan antarmuka yang cukup masif sehingga tidak jarang sulit diakses.

Harus menunggu website tersedia baru bisa melakukan pengecekan adalah hal yang menyebalkan. Apalagi setelah update website JNT mewajibkan mengisi captcha setiap kali ingin melakukan pelacakan paket menggunakan nomor resi dan hal ini sangat menjengkelkan. 

Memangnya kenapa paket harus terus dicek?

Tidak hanya sekali atau dua kali paketku mengalami salah kirim berakhir datang terlambat tanpa pemberitahuan sebelumnya dan waktu itu sedang marak beredar berita banyak paket yang diambil dari counter JNT tanpa sepengetahuan pembeli oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tentunya.

Selain itu sebagai barang pertama yang dibeli menggunakan uang jerih payah murni menulis blog selama setahun terakhir, tentunya rasa haru bahagia dan cemas tidak bisa hilang sampai barang dapat diterima di tangan bukan?

Cekresi Bebas Worry 😸

Untungnya waktu itu aku terlalu malas untuk selalu menulis alamat website JNT dan justru mengetikan…

Dan hasilnya aku justru menemukan sebuah website super powerful yang bisa mempermudah proses pengecekan resi tanpa harus memikirkan captcha dan tidak tergantung pada website utama jasa pengiriman.

Perkenalkan inilah cekresi.com sebuah situs yang menyediakan layanan cek resi lebih dari 60 ekspedisi pengiriman paling cepat dan akurat di Indonesia. Melalui website ini aku jadi tidak perlu lagi bolak-balik membuka berbagai aplikasi atau website ekspedisi.

Cukup masukan nomer resi tekan tombol dan pilih ekspedisi kemudian keterangan terbaru paket hingga riwayat perjalanan paket kamu bisa langsung dicek dengan cepat.

Cekresi.com Bisa Bantu Kamu 😎

Cek Resi

Mudah Cepat Akurat

Cek Ongkir

Berbagai Ekspedisi Sekaligus

Tanya Paket

Punya Kendala? Admin Cekresi Bantu Jawab

Cekresi+

Kanal Berita Seputar Ekspedisi Terlengkap

cekresi.com menyediakan kanal cekresi plus yang membagikan berbagai artikel berkaitan dengan jasa pengiriman terbaru. Misalnya modus penipuan yang mengaku sebagai kurir dari salah satu ekspedisi yang sempat viral akhir tahun lalu.

Kemudian buat kalian yang sedang berbisnis online juga bisa memanfaatkan fitur cek ongkir di cekresi.com yang dapat menampilkan semua tarif dari berbagai jasa pengiriman terpopuler di indonesia sekaligus memberikan rekomendasi jasa mana yang paling murah dan estimasi waktu pengirimanya.

Adanya cekresi.com membuat semua pengalaman belanja di rumah menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Bagaimana dengan kamu punya pengalaman unik yang bisa diceritakan? Tulis di kolom komentar di bawah ini👇

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *