14 September 2023

Laptop Idaman Gue ASUS ROG G14

Laptop terbaik buat kalian yang harus mobile dan gak bisa lepas dari nge-game

Kenalan Sama Gue👋

Kenapa kalian harus peduli dengan laptop idaman gue, memangnya siapa itu gue? Kenalin namaku Nanda seorang mahasiswa tingkat akhir salah satu perguruan tinggi di kota Malang. Aku orangnya introvert, tapi bukan berarti aku orangnya ansos cuma cukup sulit terbuka dengan orang baru.

Mungkin hal ini disebabkan oleh trauma dan fakta bahwa aku termasuk diantara dari 1% anak indonesia yang orangtuanya memilih untuk bercerai alias anak broken home. Berbicara dari sudut pandangku apa yang disebut rumah itu bukanlah bangunan fisik tempat kita tinggal, tapi dimana hati bisa merasa nyaman dan merasa tenang dan beristirahat tanpa harus memikirkan kejamnya dunia meski hanya sejenak.

Semua itu diperparah oleh diagnosa dokter yang menyebutkan bahwa ibuku mengidap baby blues. Rasanya selama aku tinggal di rumah ibu justru menjadi tempramental dan terkadang ibu menangis dengan histeris tiba-tiba tanpa alasan. 

Karena hal itu aku sendiri jarang untuk pulang ke rumah dan justru memilih kabur ke rumah nenek yang berjarak cukup dekat. Almarhum neneku adalah orang yang dituakan oleh lingkungan sekitar karena merupakan bidan yang jarang bisa ditemukan di desa kala itu. Keseharianya disibukan oleh memeriksa pasien dari ibu hamil muda, tua, hingga yang “mengalami kecelakaan”

Aku dan Game 🎮

Karena hampir tidak ada teman yang sebaya denganku kecuali di sekolah TK yang jauh dari rumah nenek, keseharianku lebih banyak dihabiskan dengan bermain sebuah konsol game playstation yang diberikan oleh paman sebelum beliau pergi untuk kuliah.

Waktu itu umurku 5 tahun dan game pertama yang kumainkan adalah crash bandicoot. Bermain sebagai hewan majestik menggunakan celana jeans dan sepatu vans menjelajahi pulau untuk menggagalkan rencana jahat dokter neo rasanya seru sekali.

Sejak saat itu aku dan game rasanya tidak bisa terpisahkan. Game bukan lagi sekadar permainan belaka untuk mengisi waktu setelah sepulang sekolah, tapi juga sekaligus menjadi teman dan mekanisme bertahan untuk melupakan segala jenis teriakan dan bantingan perintilan dapur di rumah.

Hidup Baru di Tanah Pasundan🚚

Singkat cerita setelah perceraian kedua orangtuaku, aku memilih untuk ikut dengan ibu dan pergi ke salah satu kota di Jawa Barat dikarenakan tuntutan pekerjaan ibu. Kelas 4 SD adalah pertama kalinya bagiku mengetahui apa itu rasisme, jangan kaget kalau anak-anak SD juga terkadang bisa bertingkah kejam dan suka mengumpat.

Kultur sunda terbiasa menggunakan lalandian atau menambahkan kata benda atau kata sifat lain setelah nama untuk merujuk orang tertentu. Namun aku tau betul bahwa di sekolah tersebut hanya aku sendiri lah yang berasal dari Jawa Timur dan namaku juga cukup unik, tetapi mereka tetap lebih suka memanggilku dengan sebutan

“Jawa Koeek Jawa Koek”

Dengan dihadapkan lingkungan yang baru dan perlu mempelajari bahasa baru, tentu aku kesulitan untuk berkomunikasi. Meskipun tentu bahasa indonesia bisa menjadi penengah, tetapi apa daya bocah SD yang hanya fasih berbahasa daerah?

Hal inilah yang kemudian mendorongku untuk menjadi semakin terisolasi dari kesan “anak gaul” dan lebih sering menghabiskan waktu dengan lagi-lagi bermain game.

Hampir Tinggal Kelas Dua Kali

Ya aku pernah hampir tidak naik kelas dua kali yang pertama itu ketika kelas 4 SD waktu awal pindahan dan yang kedua waktu kelas 2 SMP. Pada kelas 4 SD waktu itu aku hampir tidak punya teman untuk bercanda atau bermain layaknya anak SD biasanya, maklum dulu sebagai anak-anak kita juga menggangap sekolah sebagai tempat bermain kedua bukan?

Memangnya hal apa aja sih yang membuat Nanda jadi semalas itu untuk bergaul?

Merasa Terisolir

Dikarenakan sering dirundung dan merasa direndahkan hanya karena aku orang jawa membuat diriku menjadi lebih tertutup dengan orang sekitar.

Terkendala Bahasa

Pemahaman bahasa indonesia untuk anak SD sangatlah minim terlebih di daerah yang jauh dari pusat kota, bahasa daerah menjadi pilihan berkomunikasi sehari-hari.

Terbiasa Sendiri

Terbiasa tumbuh tanpa perhatian orang tua membuatku menjadi lebih terbiasa untuk bisa menjadi mandiri dan tidak banyak memikirkan masalah pertemanan.

Selalu Ada Game

Dengan adanya game di rumah tidak pernah membuatku merasa kesepian. Ditambah lagi harga kaset video game sangat murah cukup 5000 rupiah saja.

Kali kedua aku hampir tidak naik kelas terjadi ketika kelas 2 SMP. Semester 2 kelas 2 SMP aku sempat bermusuhan dengan salah satu teman kelasku, ya lagi-lagi karena berbagai kendala tadi. Namun karena memiliki ego yang tinggi sebagai anak laki-laki aku memilih untuk menutupinya dengan beralasan kecanduan bermain game berjudul Defense of The Ancient atau disingkat DOTA.

Ucapan ibuku setelah itu membuat aku sadar bahwa aku tidak bisa terus-menerus menyalahkan keadaan, harus mau berbaur dan beradaptasi dengan apapun masalah yang ada. Kami juga sempat membuat perjanjian untuk terus membolehkanku bermain game asalkan untuk selalu menyelasaikan PR dan tugas yang diberikan oleh sekolah.

Sekarang Sibuk Apa?

Itulah semua cerita singkat tentang gue, aku, atau Nanda terserah kalian mau panggil apa. Untuk cerita lain dari masa SMA sampai dengan kuliah mungkin bisa disimpan untuk lain waktu karena cukup seru juga untuk dibahas. Kesibukanku akhir-akhir ini mungkin cukup menyedihkan dan memboskankan dibandingkan cerita di atas.

Yap sampai selain dari tugas akhir yang tiada akhir hingga dengan detik ini tulisan ini ditulis aku masih tidak bisa berpisah sama yang namanya game. Menurut steam sendiri aku telah menghabiskan 5.859,9 jam bermain DOTA atau setara 244 hari, tapi semua waktu ngegame ini dihabiskan untuk mengisi waktu kosong sedangkan untuk urusan kuliah sendiri IPK masih terpantau aman di 3,52 hehe.

Hal yang berbeda dari aku yang dulu dan bukanlah yang sekarang adalah aku tidak lagi bermain menggunakan komputer yang tersedia di rumah dan mengandalkan lebih warnet untuk bermain game. Perkembangan game sekarang semakin cepat dan spesifikasi yang dibutuhkanya pun terus meningkat.

Opsi lainya bermain game dengan laptop juga rasanya tidak mungkin mengingat spesifikasi laptop yang kumiliki sekarang. Bagaimana kalau ada dananya? Semisal aku memang punya uang lebih dan diminta untuk memilih sebuah laptop aku pasti akan memilih laptop kece ini.

ASUS ROG G14 (2023)

The Best Mobile Gaming Laptop

ROG G14 blackROG G14 white

ROG Nebula Display

Layar yang dirancang untuk gamer dengan akurasi warna dan refresh rate tinggi

EXCLUSIVE

Dolby Atmos

Diperkaya quad speaker dengan kualitas sekelas bioskop

EXCLUSIVE

AniMe Matrix™

Tampil beda dan kece dengan backcover LED yang mendukung animasi

EXCLUSIVE

Prosesor Terbaru

Komputasi semakin handal berkat AMD Ryzen 7000 series

RTX Ready

Dibekali kartu grafis terbaru hingga Nvidia RTX 4070

Konektivitas Lengkap

Tetap menyajikan port lengkap untuk konten kreator mobile

ROG Nebula Display

Bagian pertama dari laptop yang paling sering kita lihat adalah layar, oleh karena itu mari kita bahas layar dari ASUS ROG G14 tahun 2023. Mengusung panel layar Nebula Display ASUS ROG G14 menawarkan kecepatan refresh 165hz dengan akurasi warna 100% DCI-P3 dalam dimensi layar 16:10.

Kehadiran sebuah layar dengan kecepatan refresh yang tinggi adalah idaman untuk semua gamer kompetitif. Untuk membantu memahami perbedaan kecepatan refresh bisa dilihat melalui ilustrasi di bawah.

Dengan perbedaan keunggulan yang signifikan, saat ini kecepatan refresh tinggi telah menjadi standar universal dalam berbagai turnamen kelas internasional. Berkat perbedaan tersebut aku sendiri lebih banyak pergi ke warnet VIP yang menyediakan monitor dengan kecepatan refresh tinggi walaupun harus merogoh kocek lebih.

Dibekali dengan validasi Pantone 100% DCI-P3 layar ASUS ROG G14 membantu kita mengenali lebih baik tentang skill yang sedang atau telah dikeluarkan oleh musuh. Akurasi warna yang presisi juga dapat dimanfaatkan oleh konten kreator profesional untuk memproduksi konten yang akurat dan nyaman di mata.

Sedang penat bermain game dan mencari hiburan di Youtube ataupun layanan streaming juga tidak masalah. Kualitas warna yang lebih tajam membuat pengalaman menonton film menjadi lebih syahdu.

Performa Ryzen Terbaru

Untuk mampu menampilkan kecepatan refresh rate yang tinggi dan menawarkan performa komputasi untuk segala jenis game dan pekerjaan berat yang ada, ASUS ROG G14 dibekali dengan prosesor AMD Ryzen terbaru seri 7000 yang menawarkan sejumlah peningkatan dari seri sebelumnya.

AMD Ryzen™ 7 7735HS pada varian terendah ASUS ROG G14 masih menggunakan arsitektur Rembrandt Zen 3+ dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Secara pengujian sintetis menghasilkan skor +3% pada performa single-core dan +7% pada performa multi-core dibandingkan seri sebelumnya.

Cinebench R23 (Single-Core) +3%
0%
Cinebench R23 (Multi-Core) +7%
0%

Varian spesial ASUS ROG G14 tertinggi menggunakan AMD Ryzen™ 9 7940HS menggunakan arsitektur lebih baru Phoenix Zen 4 dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Secara pengujian sintetis menghasilkan skor +18% pada performa single-core dan +25% pada performa multi-core dibandingkan seri sebelumnya.

Cinebench R23 (Single-Core) +18%
0%
Cinebench R23 (Multi-Core) +25%
0%

Dengan kedua perbedaan spesifikasi dan performa yang ditawarkan, menurutku varian Ryzen 9™ 7940HS menjadi varian yang paling memukau terlebih untuk bermain game performa single-core menjadi kunci untuk menghasilkan FPS yang tinggi dan stabil.

Performa multi-core Ryzen™ 9 7940HS juga tidak bisa dipandang remeh terutama untuk mahasiswa teknik dan arsitektur yang banyak menggunakan aplikasi seperti AutoCAD yang lebih banyak bergantung pada performa multi-core.

NVIDIA® GeForce RTX™ Ready

Perbandingan Performa Relatif

Gambar di atas adalah perbandingan performace-per-watt relatif dari 3 generasi seri kartu grafis NVIDIA® GeForce RTX™ dari Turing atau dikenal sebagai seri RTX 2000, Ampere atau dikenal seri RTX 3000 hingga Ada Lovelace atau seri RTX 4000. Perbandingan performa yang signifikan membuat banyak orang percaya bahwa kartu grafis terbaru ini membawa lompatan generational yang tinggi.

Selain itu ASUS ROG G14 yang mendukung hingga varian NVIDIA® GeForce RTX™ 4060  mampu melibas berbagai game berat terbaru dengan FPS rata-rata sebagai berikut:

0 FPS

Elden Ring Maximum Setting CAP 1080P

0 FPS

Cyberpunk 2077 Ultra Setting 1080P

0 FPS

Hogwart Legacy High Quality 1080P + DLSS

0 FPS

Spider-Man: Miles Morales Very High 1080P

Adanya kartu grafis tambahan NVIDIA® GeForce RTX™ 4060 juga dapat mempercepat dan memperlancar proses desain 3D grafis di berbagai aplikasi modelling terpopuler seperti Blender atau AutoCAD.

Uji Benchmark Sintetis Blender

Dapat dilihat bahwa dari perbandingan kecepatan render di atas NVIDIA® GeForce RTX™ 4060 mampu menyelesaikan semua pengujian dengan perbandingan kecepatan yang sangat signifikan terutama pada uji Classroom perbedaan antara RTX ™4060 dan RTX™ 2060 mencapai 3x lipat lebih cepat berkat bantuan cuda cores yang lebih banyak.

Konektivitas

Menggunakan bodi 14 inci tidak membuat ASUS untuk melupakan kelengkapan konektivitas pada ROG G14 ini. Hal yang patut diacungi jempol adalah pemberian akses pada microSD reader yang sudah mulai jarang ditemui di berbagai laptop gaming pada umumnya.

Biasanya MicroSD reader sendiri lebih digunakan dalam proses pemindahan file dari kamera DSLR atau mirrorless. Untuk konten kreator yang mengincar portabilitas tinggi bisa mempertimbangkan keistimewaan ini tanpa harus pusing memikirkan UBS-Hub atau Dongle.

Untuk kebutuhan kuliah, ASUS ROG G14 masih menyediakan port HDMI yang telah menjadi standar untuk proyektor modern. Kamera webcam yang sempat hilang pada versi 2020 kini kembali dengan resolusi 1080P dan mendukung Windows Hello, sehingga untuk urusan konektivitas ASUS ROG G14 ini benar-benar tidak memiliki celah.

Speaker & Microphone

Coba ingat kembali pengalaman pertama kamu saat masuk ke bioskop dan mendengar kualitas suaranya yang menggelegar. Dolby Atmos pada ASUS ROG G14 ini menggunakan teknologi speaker yang digunakan di dalam bioskop.

Teknologi ini juga memberikan kemampuan untuk mengidentifikasi arah datangnya suara secara akurat memungkinkan kita merasakan setiap nuansa efek suara dan dialog. Untuk urusan meeting atau kelas online keberadaan empat buah speaker rasanya sudah melewati kata cukup atau overkill.

Selain kualitas speaker yang ciamik ASUS ROG G14 juga dilengkapi dengan microphone 3D array yang memungkinkan suara ditangkap dengan lebih jernih dan bulat walau sedang berada di tempat yang ramai.

AniMe Matrix™

Salah satu fitur unik yang hanya bisa ditemui di seri ASUS ROG G14 ini adalah keberadaan backcover LED yang mampu menampilkan animasi yang telah disediakan hingga custom menggunakan gif atau teks biasa.

Walaupun terkesan gimmick keberadaan AniMe Matrix™ ini bisa menjadi ciri khas atau bentuk manivestasi dari tagline ROG yaitu For Those Who Dare dengan terus melakukan inovasi yang tidak pernah dicoba oleh brand lainya.

Kesimpulan & Kenapa Harus ASUS🤔

Melalui berbagai alasan di atas itulah mengapa aku memilih ASUS ROG G14 (2023) sebagai laptop idaman gue. Cerita mengapa aku gemar bermain game dari kecil hingga tidak bisa lepas hingga sekarang semoga bisa menjadi manfaat bagi pembaca.

Tolong diambil baiknya dan dibuang buruknya. Sejatinya aku percaya semua orang memiliki kisahnya sendiri yang layak untuk dibagikan. Namun kenapa aku memilih merk ASUS? Berikut adalah beberapa alasan umumnya:

Pada kuartal pertama tahun 2023, ASUS berhasil meraih prestasi yang luar biasa dengan menjadi brand laptop dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia. Hal ini mencerminkan kepercayaan masyarkat terhadap kualitas laptop ASUS.

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

ASUS Perfect Warranty adalah garansi yang akan didapatkan oleh setiap pembelian lini produk laptop ASUS berlaku pada tahun pertama yang mencover biaya 80% perbaikan atas kerusakan yang disebabkan oleh pengguna.

ASUS menyediakan pusat servis yang tersedia di berbagai kota di seluruh Indonesia. Selain itu, tidak hanya membuka service centre mereka juga bermitra untuk menyediakan jasa service di berbagai toko elektronik. Di beberapa kota kota besar bahkan kita bisa menjumpai lebih dari satu service centre.

Punya Cerita Laptop Versi Terbaikmu?

Kamu punya cerita dan definisi yang berbeda tentang laptop idamanmu? Daripada cuma bengong kalian bisa ikuti kompetisi menulis blog dengan tema “Laptop Terbaik ASUS Versi Gue” dan berkesempatan memenangkan total 5 Laptop ASUS dan Voucher belanja Rp10 Juta rupiah!

Referensi:

https://rog.asus.com/id/laptops/rog-zephyrus/rog-zephyrus-g14-2023-series/

*https://youtu.be/SfyJWluGoTY?si=TM1Hy34PQUlIJXWh

https://nanoreview.net/en/cpu-compare/amd-ryzen-9-7940hs-vs-amd-ryzen-9-6900hs

https://nanoreview.net/en/cpu-compare/amd-ryzen-7-7735hs-vs-amd-ryzen-7-6800hs

https://www.notebookcheck.net/NVIDIA-GeForce-RTX-4060-Laptop-GPU-Benchmarks-and-Specs.675692.0.html

https://www.testufo.com/framerates-versus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *